Sabtu, 27 April 2013

Renungan Minggu, 28 April 2013


Kisah Para Rasul 11:1-18  ; Mazmur 148 ;  Wahyu 21:1-6  Saling; Yohanes 13:31-35 
Jemaat GKI Kwitang adalah jemaat Reformis yang terus berproses dalam mengarungi lautan perkembangan zaman. Sebagai jemaat yang multi etnis dan kultural, serta talenta, GKI Kwitang tetap mempertahankan identitas diri di tengah perubahan zaman. Jikalau kita tidak waspada dan merasa telah menjadi jemaat yang “mapan”, maka ada kecenderungan kita dapat memiliki sikap eksklusif, yaitu menutup diri dari yang lain. Hal ini bisa terjadi karena memandang diri sebagai paling benar, paling baik, paling  istimewa, dari pada yang lain. Waspadalah, sikap ini tidak membangun persekutuan, tetapi permusuhan!
Kehidupan yang baik dan penuh kedamaian, mengandalkan terwujudnya persekutuan yang akrab dan erat. Persekutuan yang akrab dan erat mengandalkan sikap mengasihi, dan perilaku tidak menutup diri. Sikap saling mengasihi dan tidak menutup diri pada hakikatnya mengandalkan pertobatan. Pertobatan mengandalkan Roh Kudus dan komitmen diri untuk hidup sesuai dengan perintah Tuhan Yesus, Sang Jalan, Kebenaran dan Hidup.
Renungan hari Minggu ini hendak mengingatkan hal tersebut di atas, sekaligus  mengajak jemaat Tuhan untuk melakukan perintah baru dari Tuhan Yesus Kristus, yaitu hidup saling mengasihi (Yohanes 13:31-35). Pada gilirannya penghayatan atas perintah baru Tuhan Yesus ini mendobrak eksklusivisme dan mendorong jemaat Tuhan mewujudkan  kehidupan yang baik, penuh kedamaian seperti yang dilukiskan sebagai  “langit yang baru dan  bumi yang baru” (Wahyu 21:1-6).
Ketika langit dan bumi ini diisi oleh persekutuan kasih yang akrab dan erat antara Allah dan umat, serta antara pribadi yang satu dan pribadi yang lain;  ketika kehidupan dipenuhi oleh praktik saling mengasihi dan perilaku tidak menutup diri, maka “langit yang baru dan bumi yang baru” tergenapi. Ketika itu seperti dihimbau Mazmur 148, segala yang ada, baik di luar bumi maupun di dalam bumi, akan memuji TUHAN!. Amin.
(AM)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar